SEKILAS INFO
22-07-2024
  • 4 tahun yang lalu / Tiga Indikator Guru Profesional
  • 4 tahun yang lalu / HAB KEMENAG KE-74 DI MTs N 3 PURBALINGGA
7
Jan 2020
0
Purbalingga Gelar Perkemahan Pramuka Madrasah ke-2

Melaksanakan program tahunan Seksi Pendidikan Madrasah sekaligus memeriahkan Hari Amal Bakti (HAB) Ke -74 Kementerian Agama Tahun 2020, Panitia Pelaksana kegiatan menggelar kegiatan Perkemahan Pramuka Madrasah ke-2 di Bumi Perkemahan (Buper) Munjuluhur Karangbanjar Kecamatan Bojongsari.

Ketua Panitia PPM ke-2, Torik Jahidin menjelaskan, kegiatan perkemahan yang diikuti 800 Pramuka Penggalang Madrasah Tsanawiyah tersebut berlangsung selama 4 hari (6-9/2020). Sedangkan tujuan digelarnya kegiatan tersebut adalah untuk pembinaan Gerakan Pramuka Madrasah, untuk menyiapkan kader pemimpin pembangunan baik di lingkungan Gerakan Pramuka Madrasah maupun di lingkungan masyarakat.

“Kegiatan ini untuk memberikan wawasan dan pengalaman kepada anggota Pramuka Madrasah Tsanawiyah Golongan Penggalang dalam hal ketrampilan. Selain itu untuk menumbuhkan kader-kader pembangunan yang mumpuni yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat, handal, tangguh dan terpercaya yang sanggup membangun jiwa dan raganya untuk kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia,” jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut juga dalam rangka menumbuhkan kesadaran hidup disiplin di lingkungan masyarakat sekaligus mempererat tali silaturahmi antar anggota Pramuka Madrasah.

Perdana

Torik menjelaskan, kegiatan PPM ke-2 ini merupakan event yang pertama bagi madrasah tsanawiyah di Purbalingga. Hadir mengikuti kegiatan tersebut 40 regu putra dan 40 regu putri dari 40 MTs Negeri/Swasta yang ada di Purbalimgga.

Menurutnya kegiatan yang mengangkat tema Kreatif, Terampil, Berkarakter tersebut digelar dengan merujuk pada kegiatan Jambore Pramuka.

“PPM ini bukan merupakan Lomba Tingkat Pramuka, sehingga tidak banyak kegiatan yang dilombakan. Hanya ada 5 kegiatan yang dilombakan, yaitu: tahfizh, pentas seni, K3, pioneering, dan yel-yel regu. Sedangkan kegiatan keagamaan, upacara, Pentas Seni, Apresiasi Film, petualangan dan bakti masyarakat tidak dilombakan tetapi harus diikuti sebagai media pendidikan disiplin dan pendidikan karakter kepramukaan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, menurut rencana kegiatan PPM akan dilaksanakan setiap 3 tahun sekali.

“PPM ke-1 untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) pada 2019 lalu, PPM ke-2 untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) pada 2020 ini dan tahun 2021 yang akan datang untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA),” jelasnya.

Upacara pembukaan PPM ke-2 dilakukan di lapangan utama dengan pembina upacara Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi.