SEKILAS INFO
13-06-2024
  • 4 tahun yang lalu / Tiga Indikator Guru Profesional
  • 4 tahun yang lalu / HAB KEMENAG KE-74 DI MTs N 3 PURBALINGGA
31
Mei 2022
0

Purbalingga (MTs Negeri 3 Purbalingga) — E-learning madrasah adalah sebuah aplikasi gratis produk madrasah yang ditujukan untuk menunjang proses pembelajaran di madrasah, mulai Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidayah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), agar lebih terstruktur, menarik dan interaktif. Aplikasi ini dikelola oleh Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. 



Madrasah direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi ini sejak Maret lalu. Terkait hal ini, MTs Negeri 3 Purbalingga (Madtsanaga) telah melakukan setting dan uji coba terhadap aplikasi ini. Beberapa guru telah memanfaatkan e-learning untuk pembelajaran dan penilaian online. 



Madtsanaga bertekad mengoptimalkan pemanfaatan e-learning dalam pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) berbasis  online. “Pelaksanaan PAT di madrasah disarankan untuk dilakukan secara daring (online), maka kami percayakan tim untuk memanfaatkan aplikasi e-learning sebagai produk asli Kementerian Agama,” tutur Kepala MTsN 3 Purbalingga, Drs.Solahuddin,M.M saat rapat koordinasi PAT. Solahuddin telah menunjuk operator dan menugaskan sejumlah guru sebagai panitia PAT. 



Guru BK TIK, Faizal Ridho,S.Kom, terpilih menjadi operator sedangkan Ketua Panitia diampu oleh Waka Kurikulum, Yuyun Khoeriyah,S.Pd. Panitia telah melakukan persiapan, mulai dari penyusunan program kerja, setting aplikasi, penyusunan juknis ujian online hingga penyediaan sejumlah sarana prasarana. “PAT online menggunakan aplikasi e-learning ini konsepnya mirip seperti Computerized Based Test (CBT). Guru mengupload soal dan siswa mengerjakan lewat HP atau laptop, pengelolaan nilainya juga otomatis muncul,” ujar Solahuddin saat dimintai keterangan.  



PAT tahun ajaran 2021/2022 dilaksanakan pada 30 Mei – 8 Juni 2022. Panitia telah menyiapkan petunjuk penggunaan aplikasi e-learning untuk memudahkan para guru maupun siswa. Selain itu, panitia juga menyediakan layanan bantuan (helpdesk) via WhatsApp untuk mengakomodir permasalahan selama PAT online berlangsung.