SEKILAS INFO
18-05-2024
  • 4 tahun yang lalu / Tiga Indikator Guru Profesional
  • 4 tahun yang lalu / HAB KEMENAG KE-74 DI MTs N 3 PURBALINGGA
Kompetisi Sains Madrasah (KSM) IPA

Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah ikut andil dalam menciptakan tingkat kecerdasan siswa. Kegiatan ini bukan termasuk materi pelajaran yang terpisah dari materi pelajaran lainnya, bahwa dapat dilaksanakan di sela-sela penyampaian materi pelajaran, mengingat kegiatan tersebut merupakan bagian penting dari kurikulum sekolah.

Berdasarkan tujuan ekstrakurikuler di atas dapat diambil kesimpulan bahwa ekstrakurikuler erat hubungannya dengan prestasi belajar siswa. Melalui kegiatan ekstrakurikuler siswa dapat bertambah wawasan mengenai mata pelajaran yang erat kaitannya dengan pelajaran di ruang kelas dan biasanya yang membimbing siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler adalah guru bidang studi yang bersangkutan. Melalui kegiatan ekstrakurikuler juga siswa dapat menyalurkan bakat, minat dan potensi yang dimiliki. Salah satu cirri kegiatan ekstrakurikuler adalah keanekaragamannya, hampir semua minat remaja dapat digunakan sebagai bagian dari kegiatan ekstrakurikuler.

Olimpiade Sains Nasional tingkat SMP merupakan langkah awal bagi siswa-siswi SMP yang berbakat yang nantinya diharapkan terus mengikuti Olimpiade di tingkat SMA. Olimpiade Sains Nasional tingkat SMP yang telah dirintis sejak tahun 2003 juga merupakan salah satu wadah strategis untuk merealisasikan paradigma pendidikan yang berkualitas dan di MTS N 3 PURBALINGGA Extrakulikuler KSM IPA sebagai salah satu cara terbaik memupuk siswa siswi yang berprestasi dibidang Ilmu Pengetahuan Alam. Pelaksanaan olimpiade secara berkelanjutan dari tingkat Daerah, Provinsi, Nasional dan Internasional akan berdampak positif pada pelaksanaan proses pembelajaran sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif. Pada gilirannya, siswa akan memiliki kesempatan mengembangkah seluruh aspek kepribadian dan kemampuannya melalui pembelajaran yang kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan.

Tujuan

Secara umum Ekstrakulikuler KSM IPA MTS N 3 PURBALINGGA mempunyai beberapa tujuan yaitu :

  1. Menyediakan sarana maupun waktu yang memungkinkan siswa didik untuk mengembangkan potensi, bakat dan kemampuannya secara optimal, sehingga mereka mampu mewujudkan dirinya dan berfungsi sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan pribadinya maupun kebutuhan masyarakat.
  2. Mengidentifikasi, membina, memupuk dan meningkatkan potensi-potensi siswa secara utuh.
  3. Meningkatkan aspek afektif yang berupanilai moral, social dan psikomotor untuk menyeimbangkan aspek kognitif siswa.
  4. Menyediakan layanan pengembangan minatnya, juga membantu siswa agar mempunyai semangat baru untuk lebih giat belajar serta menanamkan rasa
  5. Berpartisipasi aktif dalam program pendidikan Nasional dalam pengembangan diri siswa

Secara Khusus Ekstrakulikuler KSM IPA MTS N 3 PURBALINGGA mempunyai tujuan yaitu :

  1. Ekstrakurikuler KSM IPA merupakan ekstrakurikuler yang diadakan untuk mempersiapkan kompetisi sains khususnya untuk Ilmu Pengetahuan Alam.
  2. Mempersiapkan peserta didik siap bersaing dalam ajang perlombaan non akademik mau pun akademik di tingkat Kabupaten, Provinsi dan Tingkat di atasnya.

DasarKegiatan

Dasar diadakannya Ekstrakulikuler KSM IPA diantaranya adalah:

  1. Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A tahun 2013 tentang implementasi kurikulum
  2. International PhysicsOlympiad (IPhO), International Chemistry Olympiad (IChO), International Mathematics Olympiad (IMO), International Biology Olympiad (ISO)

Jadwal

Kegiatan Ekstakulikuler KSM IPA diadakan setiap hari Senin, Rabu dan jumat Pukul 13.30 – 14.50 WIB kelas VII ( Tujuh), VIII (Delapan)dan IX (Sembilan) di ruangkelas MTs N 3 PURBALINGGA

Pembina

Para pengampukegiatanekstrakurikuler KSM IPA di MTs N 3 Purbalingga adalah:

  1. KSM Biologi diampu oleh Ika Merdekawati, S.Si
  2. KSM Fisika diampu oleh Nur Hidhayati, S.Pd.Fis